Selasa, 25 Oktober 2016

Kegiatanku Saat Liburan Lebaran Haji

Kegiatanku Saat Liburan Lebaran Haji

Pada hari Minggu, 11 September sekolahan saya sudah meliburkan muridnya karna keesokan harinya merupakan Hari Raya Idul Adha. Hari dimana ada banyak hewan yang  dimutilasi, dan dagingnya dibagikan ke semua orang. Karna pengorbanan mereka (hewan kurban), semua sekolah, pabrik, dan perusahaan banyak yang diliburkan.

Idul Adha adalah sebuah hari raya Islam. Pada hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketikaNabi Ibrahim (Abraham), yang bersedia untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah, akan mengorbankan putranya Ismail, kemudian digantikan oleh-Nya dengan domba.

Pada hari raya ini, umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan salat Ied bersama-sama di tanah lapang, seperti ketika merayakan Idul Fitri. Setelah salat, dilakukan penyembelihan hewan kurban, untuk memperingati perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya.

Saat H-1 liburan, tepatnya hari Minggu 11 September saya diajak main futsal oleh teman saya. Tapi sebelum itu saya sarapan dan mandi terlebih dahulu agar badan tidak lemas dan tidak bau. Kebiasaan saya kalau sarapan sambil nonton tv. Setelah itu teman saya memanggil saya untuk berangkat main futsal. Pada malamnya saat semua orang banyak yang takbiran, kegiatan yang saya lakukan sudah pasti nonton tv dan main game dirumah.

Keesokan harinya, saya bangun pagi seperti biasanya. Tentu saja saya tidak lupa melaksanakan Solat Subuh. Saya-pun menyiapkan baju baru (gak sombong) untuk shalat Id, sementara itu sudah banyak orang yang berangkat ke masjid termasuk orang tua saya. 

Sepulang shalat, kakak saya mengajak untuk ziarah kubur ke almarhum kakek dan nenek saya. Setelah itu saya sarapan, kemudian pergi ke masjid tuk melihat proses penyembelihan hewan qurban. Jumlah hewan kurban di kampung saya ada 7 ekor kambing dan 2 ekor sapi. Saat semua orang sibuk membantu memotong hewan qurban, saya hanya melihat saja dan ngobrol dengan teman saya. Sebelum pemotongan selesai, saya pulang terlebih dahulu karna saya ngantuk ingin tidur. Saya-pun terbangun dalam sudah ada sate yang matang di meja makan. Saya menikmati liburan idul adha-ku yang sederhana ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar